Senin, 2 Oktober 2023, menjadi peringatan hari batik nasional, hampir semua siswa dan siswi memperingati hari tersebut. Tanpa terkecuali siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah PPAI, mereka merayakan hari batik tersebut dengan diawali upacara bendera rutin hari senin, dengan ketentuan memakai baju batik selama tiga hari. Ketentuan tersebut khusus untuk memperingati hari batik, dimana siswa dan siswi memakai baju batik mulai hari senin hingga hari rabu.
Berbeda dengan siswa dan siswi, para guru Madrasah pun memakai seragam batik mulai hari senin hingga hari sabtu. Lebih lama memakai seragam batik ditujukan agar para guru lebih mengenalkan batik kepada siswa dan siswi Madrasah. Pada saat upacara rutin hari senin, amanat yang diberikan oleh pembina upacara juga berbeda dari biasanya. Pembina upacara yang pada saat itu adalah ibu Chorid memberikan amanat berupa topik mengenai batik, yaitu bagaimana melestarikan dan menjaga batik yang merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia.
Peringatan hari batik yang berlangsung sederhana dengan diawali upacara, diikuti oleh seluruh warga Madrasah tanpa terkecuali. Setelah upacara selesai, peringatan hari batik ditutup dengan foto bersama dan foto perkelas bersama wali kelas masing-masing. Perayaan yang sederhana dengan ketentuan yang sederhana pula, menjadikan rasa kebersamaan semakin melekat antara siswa siswi dengan para guru Madrasah.
Ditulis : (3/12/2023)
Oleh : Riska Amaliya Fitri

Kesederhanaan Perayaan Hari Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *